Thursday, January 29, 2015







Tutorial ini saya buat karena banyaknya teman-teman yang ingin mengetahui proses pembuatan Foto “Smudge Fantasy”. Foto ini dibuat dari beberapa gambar gambar yang berbeda dengan menggunakan metode blending.








Berikut langkah-langkah pembuatannya:
Langkah PERTAMA
Siapkan material foto yang akan diedit





Langkah KEDUA
atur levelsnya hingga terlihat agak gelap
 






Crop foto Model(kalau ini gak usah diajarin kan, pokoknya crop aja. Banyak cara untuk cropping image






Langkah KETIGA
gosok menggunakan Smudge Tool Bagian Kulitnya saja atau semuanya kalau objeknya tidak terlalu banyak coraknya Strengh dibawah 20
Khusus bagian rambut menggunakan brush Khusus
Bagi yang belum punya Brushnya bias download Di Deviantart.com
Atur streng brushnya 70-80 kemudian gosok bagian rambut dan tarik bagian ujung rambut hingga simetris … sesuai selera (emangnya mau makan Mie wkwkwkw :v)
Rubah tonal warna dengan Adjustment Layer>Color Balance atau Ctrl+b/Ctrl+u hingga menjadi seperti gambar di bawah.
Setelah itu atur terang gelapnya menggunakan Levels (Ctrl+L)
Kemudian gosok bagian terang menggunakan Dodge Tool dan bagian Gelap menggunakan Burn tool Streng dibawah 20 Agar terlihat lbih Glow
  







Gabungkan dengan background Dasar, diikuti dengan background lainnya. Gunakan Layer Mask untuk menghapus bagian yang tidak diperlukan. Gunakan metode yang sama untuk membuat warna-warna yang diinginkan. Kebanyakan saya menggunakan Color Balance, Hue Saturation. Hingga hasil akhir seperti gambar berikut.





Langkah KEEMPAT
Agar warna tonal mengarah pada warna-warna senada dan membuat efek dramatis, saya diberi efek lighting seperti gambar berikut.
 





Letakkan posisi  background  Putih  ini dilayer paling bawah. Atur komposisi, hapus bagian-bagian yang tidak diperlukan. Untuk background langit gunakan blending Linear Blur.
Sampai disini mudah bukan??? Yaialah hahaha !?? halah .. sdah dulu brcndanya  … memang gimana ??? … lanjuuttt!!!
Lankah berikutnya adalah menggabungkan dengan gambar tambahan biar lebih menarik seperti Awan,Asap,Sayap,Bulu Burung........ ssssssssssttttttttt gak boleh ngers pas bagian burungnya hahaha wkwkwk :v Dll
 Cara yang saya gunakan semua sama dengan metode di atas. Tinggal dimainkan opacity, blending.





Langkah KELIMA
Membuat efek fog/kabut. Untuk membuat efek ini kita bisa gunakan Brush Tool atau menggunakan  Foto smoke potonya bias do download di Google . Atur besarnya Brush, tingkat intensitasnya. Sapukan ke bagian yang ingin ada efek kabutnya. Lihat gambar di bawah.

Langkah KEENAM
Membuat efek asap pada model. Langkah ini saya menggunakan Brush Smoke yang sudah saya modifikasi. Agar efek asap lebih dramatis. Untuk membentuk arah asap sesuai keinginan gunakan efek Liquify. Lihat hasilnya di bawah.

Sampai disini sebenarnya sudah selesai. Untuk efek warna tertentu kita tinggal atur pewarnaan dengan Color Balance dan Hue & Saturation saja, selain itu saya juga penggunakan layer adjusment Solid Color untuk memberi efek warna yang berbeda-beda pada bagian tertentu. Jadi atur warna sesuai selera kita. Sedangkan untuk efek pencahayaan, gelap terang, saya gunakan Burning dan Dodging Tool.

Hasilnya akhir seperti gambar berikut.


selesai :)
mudahkan ?
mudah bingit hehehe
 




Jika ada yang ingin ditanyakan bisa hubungi akun facebook saya https://www.facebook.com/HasaSdlyMZifc. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.


2 comments:

  1. thanks gan triknya, simple ternyata :3 #KeepSemangART

    http://qhanzs.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Sruput dlu ilmuny gan....trimakasih

    ReplyDelete